Mengenal Teks Proposal Kegiatan

Posted on

Squad, anda pernah melihat pentas seni di sekolah? Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan mengakibatkan penyanyi-penyanyi kondang untuk menghibur para siswa di sekolah. Pentas seni biasanya dilakukan ketika hari ulang th. sekolah atau acara reuni para alumni. Namun, tahukan anda bagaimana langkah mengadakan suatu pentas seni di sekolah? Nah, kegiatan pentas seni pastinya dimulai dengan menyusun sebuah proposal kegiatan. Apa itu proposal kegiatan dan seperti apa strukturnya? Yuk, kami pelajari.

Proposal Kegiatan merupakan sebuah konsep yang dituangkan ke di dalam wujud konsep kerja. Proposal ini dibuat sebelum akan suatu kegiatan dilakukan untuk mendapatkan izin atau termasuk mencari sponsor acara.

Struktur Teks Laporan Kegiatan

1. Nama Kegiatan

Nama kegiatan serupa seperti halnya judul suatu tulisan. Maka, nama kegiatan wajib dibuat semenarik kemungkinan sehingga dapat mengakibatkan rasa menghendaki mengerti pembaca. Hal-hal yang wajib diperhatikan di dalam pembuatan nama kegiatan, antara lain:

Sesuai dengan topik kegiatan
Singkat, padat, dan jelas
Diungkapkan di dalam wujud frasa

Lihat Juga : Contoh Proposal Kegiatan

2. Pendahuluan
Dalam bagian ini di sajikan alasan mengapa suatu kegiatan wajib dilaksanakan. Maka, penyusun proposal dikehendaki dapat perlihatkan pentingnya pelaksanaan kegiatan yang bakal dilaksanakan.

3. Tujuan

Tujuan berguna untuk mengarahkan dan memfokuskan kegiatan yang bakal dilaksanakan.

4. Sasaran

Bagian ini memuat perihal lembaga, personil, organisasi, atau kelompok penduduk tertentu yang bakal jadi peserta berasal dari kegiatan.

5. Jadwal

Bagian ini memuat waktu dan area pelaksanaan kegiatan.

6. Susunan Acara

Pada bagian lapisan acara dijelaskan perihal lapisan kegiatan yang bakal dilangsungkan.

7. Kepanitiaan

Bagian ini mengatakan perihal lapisan panitia yang bertanggung jawab melaksanakan acara.

8. Anggaran

Proposal yang baik haruslah tetap mencantumkan rincian cost penyelenggaraan kegiatan. Sebaiknya cost itu diperhitungkan secara logis dan realistis, baik itu pemasukan maupun pengeluarannya. Estimasi pembiayaan yang dibuat oleh seorang penyusun proposal bakal jadi pertimbangan calon penyandang dana atau donator. Anggaran cost dapat dibedakan jadi tiga bagian, yaitu persiapan, operasional, dan laporan.

9. Penutup

Penutup merupakan akhir berasal dari pembicaraan rencana kegiatan. Maka, bagian ini merupakan ‘rayuan’ paling akhir penyusun proposal kepada pembaca untuk pilih di terima atau tidaknya sebuah proposal. Untuk itu terhadap bagian ini, penyusun proposal wajib dapat memotivasi calon penyandang dana, donatur, sponsor, atau partisipan dengan langkah perlihatkan rasa optimistis terhadap kegiatan yang direncanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *