Cara Mengatasi Penyakit Ikan Lele Pada Kolam Terpal

Posted on

Harga Ikan Lele – Budidaya ikan lele adalah usaha yang amat untung jika anda sudi menekuninya bersama serius, karena dilapangan tentu terdapat halangan atau masalah-masalah yang nampak entah itu penyakit atau karena suasana cuaca dan sebagainya.

Perlu ketelitian dan pengalaman akan pengetahuan pengetahuan untuk merawat makhluk hidup yang punya moncong dan patil ini. Seperti halnya penyakit yang seringkali didapati terhadap para peternak ikan lele, pastilah dari sini tersedia kekeliruan sehingga lele terkena penyakit.

Butuh tindakan-tindakan khusus sehingga keberlangsungan kehidupan ikan lele bertahan hingga era panen datang. Dan usaha terjadi lancar pakan ikan pun terbayarkan. Baca terhitung : (Cara Memberi Pakan Lele yang Benar)

Cara mengerti penyakit apa yang di serang terhadap ikan lele membutuhkan ketelitian terlebih terhadap tanda-tandanya. Jika anda udah menjadi percaya akan style penyakitnya barulah anda mampu jalankan proses pengobatan terhadap ikan lele yang di serang penyakit.

Nah, bagi anda pembudidaya ikan lele yang bisa saja dulu mengalami ini atau yang saat ini ini ikannya sedang terkena penyakit, mari review ulasan berikut, insyaAllah bermanfaat.

Jenis Penyakit Ikan Lele yang Sering Terjadi
Penyakit Jamur Pada Ikan Lele
Umumnya terjadi terhadap budidaya ikan lele atau ikan air tawar terhadap kolam terpal yang manfaatkan proses organik. Penyakit jamur ini menandakan tidak menyerang terhadap lele yang sehat melainkan yang di serang adalah ikan lele yang di dalam suasana lemah dan lemas atau sakit.

Ciri-cirinya ditandai bersama terdapatnya serabut-serabut putih yang tersedia di anggota tubuh ikan lele yang di serang (luka). Dan penyakit ini lazim ditemukan terhadap style ikan tawar.

Cara menangani penyakit jamur ikan lele ini mampu dikerjakan bersama cara yang memadai sederhana, yakni memadai bersama menyediakan bahan-bahan berikut ini :

Bahan garam dapur (takarannya 1Kg untuk kolam dg luas 25 m2)
Sediakan 5 liter air bersih
1 botol cuka sedang
1 buah daerah untuk mencampur
Cara menyebabkan obatnya yakni bersama mencampurkan semua bahan berikut hingga larut secara merata, jika nampak udah siap obat mampu ditebar terhadap kolam ikan lele terpal / organic anda. Ramuan ini terhitung mampu digunakan terhadap ikan tawar yang lainnya.

Penyakit Bintik-Bintik Putih Lele
Penyakit ini mampu disebut terhitung (Ichthyphthirius multifiliis) yang merupakan style penyakit yang kerap dijumpai terhitung terhadap ikan tawar. Seperti namanya, cirri-ciri ikan lele yang di serang penyakit ini yakni terdapat bintik-bintik putih terhadap tubuh ikan lele maupun insang.

Jenis penyakit ini seringkali disebabkan oleh kualitas air yang tersedia terhadap kolam sangatlah buruk dan penyebabnya adalah bakteri protozoa Ichthyphthirius.

Jika udah terjadi seperti ini maka cepatlah jalankan untuk menganti air kolam bersama air yang teranyar bersama kualitas yang memenuhi standart awal, dan jika udah selesai menguraskan baru dikerjakan pengobatan bersama menebarkan garam dapur 1 Kg untuk luas 25 m2.

Penyakit Cacar Pada Ikan Lele
Penyakit cacar ini ditandai bersama terdapatnya bercak-bercak merah karena selaput lendirnya yang terkelupas dan jika lama kelamaan kulit ikan akan melepuh. Dan penyebab penyakit ini adalah bakteri Aeromonas dan Pseudomonas.

Hal aspek utama dari keberhasilan budidaya ikan lele adalah terhadap kualitas air, jika air menjadi berbau busuk dan nampak buruk maka langsung pindah airnya.

Cara menangani penyakit cacar ikan lele ini yakni bersama menumbuk 10 lembar daun papaya dan garam 1 Kg dilarutkan di dalam air 5 liter (dosisi untuk luas kolam 25 m2), lalu tebarkan secara merata terhadap kolam.

Penyakit Cacing Pipih
Penyakit cacing pipih ini punya tanda-tanda menurunnya selera makan dan juga ikan kerap nampak ke permukaan kolam. Penyakit ini mengakibatkan kerusakan insang dan kulit ikan yang menyebabkan pernapasan ikan menjadi terganggu, keluarnya lendir, warna ikan buruk ata pucat dan sirip yang menguncup.

Cara menyembuhkan penyakit terhadap ikan yang terkena cacing pipih ini bersama cara mengganti air di dalam kuantitas besar lalu menebarkan garam halus ke kolam. Atau mampu terhitung merendam ikan yang sakit bersama larutan kalium permanganate (PK) konsentrasi 0,01% selama 30 menit.

Penyakit Parasit
Penyakit ini menyerang insang ikan air tawar, cirri-cirinya ikan kerap berputar-putar dan terhitung menggantung terhadap permukaan air. Cara menangani penyakit ikan ini bersama merendam ikan di larutan formalin konsentrasi 15 – 20 ppm.

Masalah yang terjadi ini adalah hal yang wajar dan biasa, tidaklah kudu panik jika tenak lele anda di serang penyakit, lakukanlah langkah-langkah yang tentu untuk menyembuhkan ikan lele anda bersama apa yang udah kami tuliskan.

Dan yang paling penting adalah menghendaki kepada Tuhan sehingga dilancarkan seluruhnya sehingga lepas dari masalah penyakit ini.

Itulah tulisan kami tentang cara menangani penyakit ikan lele terhadap kolam terpal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *