Bolehkah Ibu Hamil Minum Cuka Apel Bragg?

Posted on

Cuka Apel Bragg diperoleh dari proses fermentasi panjang, yang menyisakan komponen seperti asam asetat, asam gallic, katekin, dan lain-lain. Ini yang membawa dampak cuka mempunyai manfaat sebagai antioksidan dan antibakteri. Cuka apel banyak dimanfaatkan untuk memelihara kebugaran tubuh dengan langkah diminum. Namun, bagaimana terkecuali ibu hamil minum cuka apel? Apakah boleh juga?

Amankah terkecuali ibu hamil minum cuka apel?

Sedikitnya penelitian yang menjelaskan bahwa cuka apel aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, membawa dampak ibu hamil khawatir. Hal ini juga karena cuka apel biasanya tidak lewat proses pasteurisasi.

Pasteurisasi adalah proses pemanasan makanan dengan target membunuh organisme merugikan seperti bakteri, jamur, atau protozoa, dan suatu proses untuk memperlambat perkembangan mikroba pada makanan.

Cuka apel yang tidak dipasteurisasi dikhawatirkan punya kandungan bakteri atau mikroba lain yang berbahaya. Akan tetapi, tingkat keasaman dari cuka apel sebetulnya telah efektif untuk membunuh bakteri atau mikroba lain yang berbahaya. Karena itu, sebetulnya tidak mesti cemas dapat perihal ini. Meski sebetulnya belum ada bukti yang mengetahui mengenai perihal ini.

Cuka apel mempunyai antibiotik alami
Namun, sebuah penelitian membuktikan bahwa cuka apel mempunyai pembawaan antibiotik alami yang dapat menghancurkan bakteri Escherichia coli dan juga Salmonella.

Kedua bakteri ini adalah penyebab utama diare dan keracunan makanan. Karena cuka apel berperan sebagai antibiotik alami, beberapa peneliti menyimpulkan bahwa bahan ini efektif untuk mengatasi diare akibat infeksi bakteri.

Fakta tersebut perlihatkan bahwa minum cuka apel kala hamil dapat dikatakan aman.

Namun, dikutip dari Brenner Children Hospital bahwa cuka apel yang tidak lewat pasteurisasi tidak aman untuk diminum karena dapat membawa dampak bayi lahir mati, keguguran, dan komplikasi lain pada ibu, dan bayi kemungkinan mengalami kasus kebugaran sehabis kelahiran.

Karena masih belum ada kepastian mengenai keamanan dari minum cuka apel kala hamil. Maka, sebaiknya diskusikan terutama dahulu dengan dokter persentase Anda sebelum akan minum senang apel. Untuk meyakinkan sebetulnya suasana ibu dan janin dapat aman untuk minum cuka apel.

Minum cuka apel juga tidak dapat sembarangan, karena ada cara aman mengonsumsinya. Biasanya dokter juga dapat menambahkan arahan mengenai perihal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *