Kenali Gejala Awal Suspensi Mobil Mulai Bermasalah

Posted on

Apakah mobil yang Anda gunakan terasa limbung atau tidak stabil saat menikung? Jika iya, kemungkinan Anda perlu melakukan pemeriksaan pada sistem suspensi. Peredam kejut atau bahasa kerennya shock breaker ini menjadi salah satu bagian yang bertanggung jawab atas kenyamanan berkendara. Dealer mobil Honda akan selalu menyarankan Anda untuk lebih peka pada kondisi kaki-kaki ini agar kenyamanan berkendara Anda selalu optimal.

Dealer Mobil Honda

Pentingnya Mengenali Gejala Kerusakan Suspensi Mobil

Komponen yang posisinya ada di bagian bawah ini memang seringkali terlupakan dari pengawasan para pemilik kendaraan. Para pemilik mobil yang sudah digunakan setidaknya 3 tahun dianjurkan untuk memeriksakan kondisi suspensi. Terlebih saat ada tanda-tanda yang terlihat dan terasa dari komponen ini.

Karena bagian ini terletak agak ke dalam, maka pengawasan secara visual mengharuskan pemilik untuk melongok ke bagian kolong. Akan terlihat adanya rembesan oli pada bagian suspensi atau di bagian tabung shock breaker. Penggantian atau perbaikan segera akan lebih baik daripada menunda-nunda sebab dapat berakibat kerusaka semakin parah.

Untuk mobil baru, pemilik bisa mengganti langsung, sementara untuk tipe mobil lama dapat diganti sil karetnya diikuti penggantian oli suspensi. Saat perbaikan ditunda terlalu lama, maka kerusakan lebih parah akan berakibat pada biaya perbaikan yang semakin mahal mengingat mobil tetap akan dihadapkan pada berbagai kondisi jalan.

Seperti yang diketahui bahwa kerusakan suspensi memang tidak seketika terjadi dalam waktu singkat. Penyebab umum dari kerusakan ini adalah kebiasaan melintasi jalanan rusak hingga muatan berat. Suspensi yang sudah tidak optimal tentu akan sangat terasa pada medan seperti ini.

Tanda lain saat kaki-kaki mobil sudah tidak beres adalah sisi ban yang habis secara tidak bersamaan. Hal ini menandakan bahwa mobil tidak dapat membagi gaya beban secara optimal dan diperlukan pemeriksaan terhadap kaki-kaki.

Perbaikan pada suspensi rusak ini semakin beragam tergantung spesifikasi dan tingkat kerusakan. Dealer mobil Honda yang juga  menjadi bengkel resmi umumnya sudah menyediaka berbagai komponen dan sparepart sesuai kebutuhan. Selain itu, bengkel khusus per dan suspensi juga bisa menangani berbagai kerusakan seara spesifik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *